INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Manfaat Bawang Putih untuk Wajah dan Rambut : Tertarik Mencoba ?

Share it:

Kaum wanita biasanya akan melakukan apa saja untuk menjadi cantik, tidak terkecuali mencoba manfaat bawang putih untuk wajah. Bawang putih adalah salah satu jenis bumbu masakan yang seseorang tidak ingin mengkonsumsinya terlalu banyak karena meninggalkan bau yang menyengat di mulut. Orang lain yang berada di dekat anda bisa tidak nyaman apabila nafas anda berbau bawang putih. Namun ternyata, zat pada bawang putih yang bertanggung jawab memberi bau yang menyengat itu juga membawa beragam manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Untuk itulah, selain dimanfaatkan di area kuliner, sejak dulu bawang putih telah digunakan menjadi obat alami dari generasi ke generasi.

Bawang putih adalah tanaman asli asia tengah. Khasiat nya bawang putih untuk kesehatan telah dikenal selama kurang lebih 7000 tahun lamanya, tidak terkecuali manfaat bawang putih untuk wajah. Manfaat bawang putih tersebut karena bawang putih menggandung zat yang disebut dengan allicin. Ekstrak allicin dapat diperoleh ketika bawang putih di potong, di tumbuk, atau dikunyah. Zat allicin pada bawang putih berbentuk cairan minyak dengan bau tajam.

Selain allicin, bawang putih juga menggandung berbagai macam zat flavonoid yang berperan sebagai zat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Tidak kalah pentingnya, pada bawang putih juga terdapat zat antioksidan. Manfaat bawang putih untuk wajah dan rambut di ulas secara mendalam di artikel ini, di susul dengan penjelasan sekilas mengenai manfaat bawang putih untuk menunjang fungsi tubuh yang lainnya.

Apa saja Manfaat Bawang Putih untuk Wajah dan Rambut ?

Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit antara lain untuk menghilangkan jerawat. Cukup dengan satu siung bawang putih, anda dapat mengatasi masalah jerawat yang terkadang muncul begitu saja entah dari mana. Cara mengatasi jerawat cukup dengan memotong ujung satu siun bawang putih, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang berjerawat. Bakteri yang menyebabkan jerawat akan terbasmi oleh kanduangan antioksidan dalam bawang putih.

Cara Paling mudah dalam mengolah bawang putih untuk mengatasi jerawat adalah dengan menumbuk beberapa siung bawang putih, lalu bubuhkan ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit untuk memastikan kandungan allicin pada bawang putih memiliki cukup waktu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah 15 - 20, bersihkan masker bawahng putih tersebut lalu basuh hingga berseuh dengan ait suam - suam kuku.

Setelah mengolekan bawang putih pada muka anda, anda mungkin merasakan sedikit sensasi panas. Untuk meredakannna anda bisa menggunakan produk pelembab yang cocok dengan kulit anda setelahnnya. Selain itu, anda juga di anjurkan untuk menambahkan bawang putih dalam diet anda, namun juga agar anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih, karena akan menimbulkan efek panas di badan. Selain mengatasi jerawat, ada beberapa manfaat bawang putih untuk wajah yang lainnya, seperti :
  • Psoriasis
Kondisi medis pada kulit yang disebut dengan psoriasis timbul ketika terjadi peradangan kronis yang bersifat autoimun (penyakit yang muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh itu sendiri) Gejala yang timbul berupa bercak putih, perak, atau merah yang bersisik tebal pada kulit berbagai bagian tubuh seperti kaku, punggung bawah, lutut, dan siku. Kondisi ini tidak mudah di tangani. Selain terapi dari dokter, anda juga dapat memanfaatkan bawang putih untuk meringkan gejala psoriasis.

Caranya adalah dengan menggunakan minyak bawang putih dan mengoleskannya pada bagian kulit yang terkena psoriasis. Zat anti peradangan pada bawang putih akan membantu dalam mengurangi bercak yang timbul dan setelahnya menghaluskan kulit, yang termasuk dalam salah satu manfaat bawang putih untuk wajah. Bawang putih juga menhambat aktivitas enzim lipoksigenase, yang bertanggung jawab menyebabkan peradangan pada pasien dengan psoriasis.
  • Mengatasi luka akibat herpes oral
Herpes oral atau herpes di bibir dan mulut disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1. Seseorang yang menderita herpes oral mengalami beberapa tanda dan gejala antara lain timbulnya luka pada bibir, pipi, leher, atau bagian wajah lainnya. Luka yang ditimbulkan herpes oral bisa jadi tidak sedap dilihat. Mengoleskan minyak bawang putih atau bawang putih yang telah di tumbuk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.
  • Infeksi kulit
Seperti yang telah disebutkan, bawang putih mengandung zat anti virus dan antibakteri, sehingga banyak ahli yang mempertimbangkannya efektif untukk meringankan tanda dan gejala berbagai masalah infeksi kulit. Gatal - Gatal akibat penyakit kulit lainnya pun dapat dikurangi dengan penggunaaan bawang putih, karena kandungan anti jamur yang ada di dalamnya.

Cara mengolah bawang putih sebagai obat alami untuk mengatasi infeksi kulit yaitu dengan menumbuk bawang putih untuk mengekstrak minyaknya. Oleskan minyak bawang putih tersebut ke area kulit yang mengalami infeksi, biarkan selama 15 - 20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih signifikan, ulangi langkah tersebut satu atau dua kali seari selama beberapa minggu. Penggunaan bawang puth langsung pada area wajah yang biasanya dilakukan sebelum mandi, agar tidak tertinggal bau bawang putih yang menyengat di wajah.
  • Kerutan
Penghasil berbagai produk kecantikan menghasilkan berbagai macam produk anti kerut dan anti penuaan. Salah satu manfaat bawang putih untuk wajah adalah membantu mengatasi kerutan dan garis halus yang biasa nampak di wajah ketika seseorang sudah mendekati usia paruh baya. Sertakan bawang putih mentah pada diet anda agar zat allicin dapat bekerja secara optimal dari dalam.

Efek anti kerut wajah yang dihasilkan bawang putih adalah karena kandungan allicin yang berperan sebagai antioksidan, juga karena kandungan zinc, selenium, dan vitamin C. Karena zat - zat yang terkandung dalam bawang putih itulah, bawang putih dapat juga memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet.

Anda telah mengetahui manfaat bawang puth untuk wajah, namun bagaimana dengan rambut ? Ternyata, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bahan alami yang efektif untuk melawan kerontokan rambut dan ketombe. Anda dapat membalurkan bawang putih langsung dikulit kepala atau menggunakan minyak bawang putih agar lebih praktis.

Ketombe bisa jadi sangat memalukan, terutama apabila anda sedang berada di tengah - tengah keluarga atau kolega. Ketombe dapat menimbulkan rasa gatal, dan rasa gatal tersebut bisa menjadi lebih berat pada suhu atau cuaca tertentu. Bawang putih efektif melawan ketombe karena mengandung zat anti jamur.

Bawang putih yang ditumbuk kemudian dibiarkan selama 10 - 15 menit mengandung konsentrasi allicin yang sangat tinggi, yang membantu mengatasi masalah ketombe. Untuk penggunaan masalah ketombe, anda dapat mengoleskan bawang putih langsung di kulit kepala atau mengkonsumsinya untuk perlawanan dari dalam.

Selain manfaat bawang putih untuk wajah dan rambut yang telah anda ketahui, bawang putih juga berkhasiat menurunkan dan menjaga tekanan darah, memelihara kesehatan sistem kariovaskuler, mencegah penurunan daya ingat, memperkuat tulang bagi wanta yang leih rentan terkena osteoporosis, memperkuat daya tahan tubuh, mengontrol kadar kolesterol, meredakan sakit gigi, mencegah kanker, dan melawan infeksi yang sering menyerang sistem pertahanan tubuh kita seperti pilek dan infeksi telinga. Jadi, masihkah anda menunda untuk memanfaatkan bawang putih ?
Share it:

Cara Alami

Pengobatan

Tips Kesehatan

Post A Comment:

0 comments: