INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Khasiat Akar Ilalang : Manfaat untuk Kesehatan dan Ginjal

Share it:

Khasiat akar ilalang terbukti tak usah diragukan lagi. Ilalang alias biasa disebut alang-alang, mempunyai nama latin Imperata cylindrical tergolong dalam family Panicoideae yang tak jarang dijumpai di area pertanian serta juga adalah tanaman pengganggu alias gulma. Namun mesikipun di lahan pertanian tanaman ini menjadi gulma, nyatanya tak sedikit juga yang mekegunaaankannya.

Masyarakat di pedalaman Indonesia tahap timur serta di Pulau Dewata mekegunaaankan daun ilalang yang sudah dikeringkan sebagai bahan atap rumah. Tidak hanya itu, masyarakat juga tidak jarang memakai daun alang-alang sebagai pelindung lahan pertanian yang disebut mulsa. Sedangkan malai dari bunga alang-alang yang berserat halus bisa dijadikan sebagai pengganti kapuk untuk mengisi bantal alias kasur untuk alas tidur yang empuk. Serta yang tidak kalah pentingnya, akar ilalang bisa berguna bagi kesehatan yaitu dipakai sebagai obat tradisional. Bagi masyarakat, pada umumnya mekegunaaankan akar ilalang sebagai obat penurun panas serta peluruh kencing (diuretika).

Alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, serta juga tersedia senyawa kimia, diantaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, serta anemonin.

Khasiat Akar ilalang

Akar ilalang sangat berguna untuk mengobati berbagai tipe penyakit, serta berbagai tipe penyakit salah satu diantaranya merupakan:

Mengobati kencing nanah
Sebagai obat kencing nanah, Kamu bisa mempersiapkan kurang lebih 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci hingga bersih serta potong kecil-kecil. Lalu rebus potongan akar tadi dengan 2 liter air serta biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Seusai itu, campurkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari dengan cara teratur selagi tidak lebih lebih 10 hari.

Menanggulangi Muntah darah
Akar alang alang juga bisa dipakai sebagai ramuan untuk mengobati muntah darah. Ramuan bisa dibangun dengan cara, siapkan tidak lebih lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, cuci bersih serta potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air serta biarakan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum dengan cara teratur dua kali dalam sehari, hingga penyakit muntah darah hilang.

Penyakit ginjal akut
Untuk mengobatinya, Kamu bisa membikin sejenis ramuan dengan mempersiapkan bahan berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang tetap segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil serta cuci hingga bersih. Rebus potongan akar alang alang tersebut dengan 3 gelas air serta biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring serta biarkan dingin. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi serta sore, hingga penyakit ginjal akut sembuh.

Obat mimisan
Sebagai obat mimisan, Kamu bisa menyiapkan segenggam akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu tumbuk peras serta ambil airnya tidak lebih lebih 100 cc serta Kamu bisa langsung meminumnya.
Share it:

Cara Alami

Pengobatan

Post A Comment:

0 comments: