INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Obat Nafsu Makan Dewasa : Jika Bisa Herbal, Megapa Tidak ?

Share it:

Penurunan nafsu makan baik karena sakit, stress, sedang berada dalam masa pengobatan, atau karena kebosanan terhadap jenis makanan yang kurang bervariasi, sering kali membuat seseorang mengkonsumsi obat nafsu makan dewasa sebagai jalan keluar. Hal ini sepenuhnya dapat dipahami. Kondisi - kondisi tertentu seperti pada penyakit paru obstruktif (PPOK), penyakit hati atau ginjal , HIV, hipotiroid, juga kanker, pada umumnya menyebabkan hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan. Bagi individu yang mengalami kondisi - kondisi tersebut, Meskipun nafsu makan tidak sebaik biasanya, sangat penting untuk tetap menjaga asupan makanan karena nutrisi yang baik dapat membantu meningkatkan kekuatan dan imunitas tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Obat Nafsu Makan Dewasa dari Bahan Alam

Indonesia adalah negara yang kaya akan bahan alam, yang salah satu manfaatnya adalah untuk obat tradisional atau herbal alami. strategi untuk meningkatkan nafsu makan dengan jamu tradisional dari buah, daun - daunan dan akar - akaran telah dipraktikkan oleh leluhur kita, yang kemudian diwariskan turun - temurun. Di bawah ini adalah beberapa bahan alam yang dapat kita temukan sehari - hari, yang dapat kita gunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan nafsu makan.
  • Pepaya
Beberapa iris buah pepaya dapat dikonsumsi ketika nafsu makan berkurang. Jika anda ingin meningkatkan nafsu makan dengan lebih efektif dan cepat, cobalah konsumsi daun pepaya. Banyak obat nafsu makan dewasa yang di jual di pasaran terbuat dari sari daun pepaya yang telah direbus. Tumbuk daun pepaya muda hingga halus, tentu saja setelah sebelumnya di cuci dengan air bersih setelah sebelumnya di cuci dengan air bersih. Setelah itu, beri air matang sekitar tiga perempat cangkir. Peras dan saring, tambahkan satu sendok makan madu pada air perasan daun pepaya tersebut, lalu minum satu kali sehari.
  • Daun kenikir
Kenikir adalah jenis tumbuhan yang tergolong mudah untuk dibudidayakan. Selama ini kita mengenal kenikir sebagai bahan lalapan saja, tanpa mengetahui manfaat yang ternyata ada dalam setiap helai daunnya. Cara pengolahan kenikir untuk obat nafsu makan dewasa cukup mudah. Ambil 100 gram daun kenikir yang masih segar, lalu cuci bersih. Setelah itu jadikan lalap mentah untuk beberapa kali makan. Tidak perlu di masak, karena prinsipnya adalah raw food.

Selain sebagai obat tradisional atau herbal alami untuk meningkatkan nafsu makan, ternyata kenikir juga mengandung senyawa yang mampu menetralkan asam lambung, sehingga dengan mengkonsumsi kenikir secara rutin seseorang dapat terbebas dari kekhawatiran akan maah yang kambuh. Selain itu, kenikir mengandung senyawa anti inflamasi sehingga baik di konsumsi untuk mencegah kanker. Di kalangan ibu - ibu menyusui, senyawa antiinflamasi yang terdapat pada kenikir membuatnya populer digunakan untuk meredakan pembengkakan akibat pengeluaran ASI yang kurang lancar.
  • Jahe
Jahe mengandung minyak atsiri yang dapat membantu mengurangi es gas dalam perut yang dihasilkan dari proses pencernaan. Itulah mengapa rasa kembung di perut mereda begitu kita meminum segelas jahe hangat. Di samping itu, jahe memiliki efek menguatkan dan menyedapkan rasa. Menambahkan jahe pada masakan sehari - hari akan membuat anggota keluarga anda makan dengan lahap. Untuk mendapatkan efek yang lebih efektif danc epat, buatlah teh jahe, dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air mendidih dan tambahkan beberapa tetes madu sesuai selera.

Sebagai obat tradisional atua herbal alami untuk meningkatkan nafsu makan, jage dapat juga dikupas dan di parut ( guanakan sedikit saja rimpang jahe) kemudian campur dengan bubuk lada hitam dan beberapa tetes jus lemon, sehingga berbentuk pasta. Campuran ini harus diminum setiap hari selama lima belas hari, dalam kondisi perut kosong, untuk lebih memaksimalkan hasilnya

Cara lain untuk mengolah jahe sebagai obat nafsu makan dewasa yang alami adalah dengan mengkombinasikannya dengan ketumbar. Tumbuk ketumbar dan jahe yang sudah dikeringkan menjadi bubuk kasar. Campur keduanya dengan proporsi 5 : 1 tambahkan 100 ml air dan rebus hingga volume air berkurang setengahnya. Minum selagi hangat.
  • Temulawak
Mungkin kita sudah sering mendengar temulawak sebagai obat nafsu makan dewasa (faktanya, bahan alam ini yang populer untuk mengatasi masalah nafsu makan). Selain untuk memperbaiki nafsu makan, temulawak yang memiliki nama latin curcuma zanthorrhiza banyak dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan seperti kembung atau dispepsia.

Cara pengolahan temulawak cukup mudah. Sediakan 50 gram rimpang temulawak, 3 sendok makan air matan dan 1 sendok teh gula jawa atau madu. Cuci bersih rimpang temulawak, lalu parut hingga lumat. Tambahkan 3 sendok makan air matang, peras lalu saring airnya. Tambahkan gula jawa atau madu sesuai selera pada air perasan temulawak tersebut, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari dengan takaran yang sama.
  • Sayuran
Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan tertentu yang dipercaya mampu melancarkan pencernaan sekaligus meningkatkan nafsu makan. Pernah merasa bahwa makan daging bakar lebih nikmat jika ditemani beberapa potong mentimun ? Atau bahwa beberapa masakan tertentu lebih sedap jika di tambah bawang goreng ? Ya, kedua jenis bahan alam tersebut (mentimun dan bawang, terutama bawang putih) memiliki efek yang kaut untuk membuat nafsu makan anda bertambah. Cukup sajikan mentah dan rasakan perbedaannya.

Tomat juga memiliki khasiat serupa sebagai obat nafsu makan dewasa. Penyajian tomat bisa dengan berbagai cara : diolah menjadi sup, di blender menjadi jus (tanpa tambahan gula) atau di potong - potong begitu saja lalu di makan mentah. Rasa tomat yang sedikit masam merangsang pengeluaran air liur, yang membangkitkan rasa lapar dan memungkinkan makanan tercerna di mulut dengan lebih baik. Buah - buahan lain yang terasa masam seperti jeruk, juga dapat dijadikan alternatif untuk kembali menggugah selara makan anda.

Pemilihan Bahan Makanan yang Tepat

Selain obat nafus makan dewasa yang telah dikupas di atas, perlu di ingat bahwa pemilihan bahan makanan untuk mengatasi penurunan nafsu makan harus melihat penyebab dari penurunan nafsu makan itu sendiri. Tidak jarang nafsu makan seseorang berkurang karena adanya gangguan dari sistem pencernaan (yang menyebabkan ia sulit menelan atau mencerna makanan). Pada kondisi tersebut, makanan lunak seperti yoghurt, keju lunak, atau es krim boleh menjadi alternatif, selain karena teksturnya yang lembut juga karena tingginya kandungan protein.

Ibu hamil di minggu - minggu awal, misalnya :  mual muntah yang ia alami bisa jadi membuatnya kehilangan selera makan. Untuk itu, cracker yang sedikit gurih, kentang tumbuk, pasta atau roti yang rasanya tawar adalah pilihan yang tepat. Makanan dengan bumbu tajam, berminyak dan berlemak dapat menyebabkan mual muntah sehingga harus di hindari hingga nafsu makan kembali normal.

Individu yang menjalani masa kemoterapi atau radiasi, atau yang sedang berada dalam pengobatan tertentu, sering kali merasakan "sensasi logam" di indera pengecapnya. Hal ini bisa di atasi dengan mengunyah permen mint atau jeruk untuk "membersihkan" mulut dari rasa logam tersebut, sehingga nafsu makan mereka tidak terganggu. Demikian pula dengan individu yang fungsi indera pengecapnya sudah menurun karena faktor usia. Sangat disarankan untuk menambahkan bumbu non - garam seperti bawang putih, lada, atau tomat dalam hidangan untuk membuat makanan lebih berasa.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah porsi makan. Untuk individu yang mengalami gangguan nafsu makan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit setiap 2 atau 3 jam sekali agar mereka tetap mendapatkan kalori yang dibutuhkan, namun tidak memicu dan pemilihan bahan makanan yang tepat untuk individu dengan penurunan nafsu makan. Semoga Bermanfaat.
Share it:

Cara Alami

Khasiat

Pengobatan

Pria

Tanaman Herbal

Wanita

Post A Comment:

0 comments: