INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Khasiat Biji Rambutan untuk Kesehatan, Diabetes & Sakit Pinggang

Share it:

Khasiat Biji Rambutan

Buah rambutan (nephelium lappaceum) adalah tanaman tropis yang termasuk dalam suku Sapincia Ceap alias lerak-lerakan. Tanaman ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara yang tak sedikit ditanam sebagai pohon buah alias dapat kami temukan sebagai flora liar di luar jawa.

Rambutan mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C serta kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin serta saponin. Bijinya mengandung polifenol serta lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat logam serta pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin serta tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tak terkualitas harganya. Menurut kajian ahli tanaman obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, serta 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga mempunyai kadar serat yang lumayan tinggi, kurang lebih 2 gram per 100gram berat buah. Dengan tak sedikitnya kandungan di dalam rambutan, bakal tepat bagi kesehatan serta bagi orang – orang yang tengah berdiet.

Kegunaaan Biji Rambutan

Biji buah rambutan bisa dijadikan sebagai obat kencing manis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperbuat oleh pakar gizi, Pram Pramono, bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid serta fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) serta 1 fenolik bukan flavonoid. Kegunaaan dari ekstrak methanol tersebut memiliki aktivitas hipoglikemik sehingga berpotensi menolong pasien yang mengidap diabetes. Tidak hanya itu biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Cara Membikin Obat Herbal dari Biji Rambutan

  • Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  • Pisahkan biji dari daging buahnya, seusai itu silahkan dibersihkan.
  • Selanjutnya potong menjadi berbagai potongan kecil-kecil serta sangrai dengan api sedang
  • Seusai berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan hingga dingin.
  • Selanjutnya blender alias tumbuk biji rambutan yang sudah disangrai tersebut hingga memperoleh tekstur yang lembut serta halus.
  • Seusai itu, sedu bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin serta air terpisah dari ampasnya.
  • Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Serta jika mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari dengan cara selalu.

Nyatanya khasiat biji rambutan untuk diabetes serta sakit pinggang bisa dibangun sendiri dengan mudah ramuannya. Semoga menolong !
Share it:

Biji

Cara Alami

Pengobatan

Post A Comment:

0 comments: