INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Anda ketahui

Share it:

Buah naga banyak memberikan khasiat bagi kesehatan, dan artikel ini akan membahas tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil. Anda sudah pasti pernah melihatnya yang namanya buah naga. Walaupun buah ini sebenarnya bukan asli dari indonesia namun saat ini sudah banyak ditemui di supermarker, toko buah, sampai pasar tradisional. Buah naga juga sudah banyak di budidayakan di berbagai wilayah di tanah air. Tanaman buah naga pertama kali berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan di asia, buah naga diperkenalkan pertama kali oleh negara cina. Oleh bangsa cina, Buah ini dianggap sebagai buah yang membawa keberuntungan atau hoki sehingga buah ini di anggap suci dan digunakan dalam upacara - upacara keagamaan.

Buah naga termasuk buah yang cukup unik. Daging buah naga mempunyai 4 jenis warna yaitu, merah, putih, hitam dan kuning. Sedangkan bagian kulit luarnya terdiri dari 2 jenis warna yaitu merah dan kuning. Tanaman buah naga termasuk dalam keluarga tanaman kaktus, dimana tanaman jenis ini dapat hidup di lingkugan yang kekurangan air sekalipun. Tanaman ini memiliki duri - duri tajam, batangnya berbentuk segitiga, tumbuh merambat. dan memiliki lapisan lilin di pohonnya. Buah naga memiliki akar serabut dan mempunyai bunga yang juga dapat dikonsumsi. Bunganya memiliki mahkota berwarna kren dan bisa mekar ketika mulai senja sampai malam hari. Kulit buah anga berlapis - lapis menyerupai sisik naga, oleh karena itulah buah ini dinamai buah naga.

Berbagai manfaat buah naga untuk ibu hamil

Buah anga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam buah naga antara lain yaitu karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin B1, B2, B3, B12, serat kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, dan senyawa antioksidan. Buah anga memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan. Pada umunya rasanya manis dan pulen, tetapi ada pula yang bercampur rasa masam. Buah naga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat buah naga untuk ibu hamil antara lain sebagai berikut :
  • Sebagai sumber energi
Wanita yang sedang hamil tentunya membutuhkan energi yang cukup dalam menjalani hari - harinya. Hal ini dikarenakan pada ibu hamil harus berbagai nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dalam hal ini sebagai sumber energi yang baik sebab di dalam 100 gram buah nagan mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, maka akan memberikan tenaga dan stamina untuk ibu hamil.
  • Mencegah dan mengatasi anemia
Konsumsi buah naga selama kehamilan juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Sebagaimana kita ketahui, bahwa pada hamil rentan mengalami anemia. Dengan konsumsi buah naga secara rutin maka ibu hamil dapat terhndar dari anemia sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah. Selain untuk mencegah anemia pada ibu hamil, kandungan zat besi tersebut juga dapat memperlancar pasokan oksigen ke janin, mencegah kelainan darah pada janin, dan meningkatkan kecerdasan otak janin.
  • Memperlancar pencernaan
Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga dapat untuk memperlancar pencernaan. Karena pengaruh hormonal dan desakan janin, membuat ibu hamil rentan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Oleh karena itu ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. dan buah naga merupakan buah yang sangat kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Buah naga merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin C dosis tinggi. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah ini karena bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya kekebalan tubuh pada ibu hamil maka dapat terhindar dari berbagai macam penyakit serta dapat pula melindungi janin dari infeksi bakteri, virus, dan berbagai kuman penyakit.
  • Mencegah keguguran dan kelahiran prematur
Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang berikutnya yaitu dapat mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Keguguran merupakan hal yang sangat ditakutkan ibu hamil yang biasanya rawan terjadi pada hamil muda atau trimester pertama. Selain keguguran, kelahiran prematur atau lahir sebelumnya waktunya juga merupakan hal yang cukup berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada bayi bahkan dapat mengancam kesehatan bayi. Kedua ancaman tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah naga karena banyak mengandung asam folat yang berperan untuk memperkuat janin serta mencegah keguguran  dan kelahiran prematur.
  • Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah
Tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami pre eklamsi berat yang sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Oleh karena itu dengan konsumsi buah naga dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari komplikasi kehamilan.
  • Membantu perkembngan dan pertumbuhan janin
Salah satu manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sangat penting yaitu untuk membantu perkemabangan janin. Hal ini supaya bayi lahir dalam keadaan normal, terhindar dari kecacatan, serta kelak memiliki tubuh kembang yang sehat.
  • Memperkuat tulang dan gigi
Buah naga memiliki kandungan berbagai mineral penting yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mineral penting tersebut antara lain yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Dengan manfaat ini maka ibu hamil akan mempunyai tulang yang kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang. Selain itu, janin yang dikandungnya pun akan memiliki tulang yang kuat dan gigi yang sehat.

Selain manfaat buah naga untuk ibu hamil seperti yang telah disebutkan di atas, buah naga juga mempunyai beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan secara umum, antara lain yaitu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, baik untuk kesehatan amta, meningkatkan fungsi sistem syaraf, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga kecantikan kulit, memperlambat penuaan, berperan sebagai anti inflamasi, membantu penyerapan protein, mencegah dehidrasi, dan mencegah penyakit beri - beri. Buah naga dapat dikonsumsi dengan memakan daging buahnya atau dapat juga dibuat sebagai jus.

Untuk memakan daging buah naga, tentunya anda harus memisahkan kulitnya terlebih dahulu. Ada cara tersendiri untuk mengupas buah anga, sebab kulitnya yang berlapis menyerupai sisik naga yang membedakannya dengan buah yang lain. Pertama - tama pilihlah buah naga yang sudah matang. Cirinya sudah matang yaitu jika ditekan terasa empuk dengan warna kemerahan untuk buah naga merah dan warna kuning sempurna untuk buah naga kuning. Lalu belah buah naga menjadi dua bagian. Setelah terbelah, ambil dagingnya denganc ara di scoop menggunakan sendok. Atau jika anda ingin mengupas kulitnya, maka mulailah dari bagian bawah seperti mengupas buah mangga.































Share it:

Bayi Sehat

Buah

Makanan

Nutrisi

Pengobatan

Tips Kesehatan

Post A Comment:

0 comments: