INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Rajinlah Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Jantung Berikut Ini

Share it:

Jika anda meninginkan jantung yang sehar dan kuat maka anda perlu mengetahui apa saja jenis makanan sehat untuk jantung. Sebagaimana kita ketahui jantung merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, oleh karena itu kita harus senantiasa menjaganya. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko terhadap penyakit jantung, yang salah satu di antaranya  adalah melalui makanan. Makanan memang dapat berperan ganda dalam kesehatan kita, dapat memberikan banyak manfaat tetapi dapat pula membahayakan kesehatan jika salah dalam memilihnya. Oleh karena itu  anda harus lebih bijak dalam menentukan jenis makanan apa yang harus anda konsumsi sehari - hari.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya, bahkan masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di indonesia maupun di dunia. Kehidupan manusia yang semakin modern justru dapat meningkatkan risiko masyarakat untuk menderita penyakit jantung, sebab penyakit ini berhubungan erat dengan gaya hidup / life style. Berbagai faktor yang dapat menjadi peyebab penyakit jantung antara lain : tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi (displidemia), kelebihan berat badan (obesitas), kurang melakukan olahraga atau aktifitas fisik, penyakit kencing manis (diabetes melitus), dan adanya faktor genetik. Selain itu penyakit jantung juga dapat diakibatkan karena kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan faktor stres.

Berbagai jenis makanan sehat untuk jantung

Semakin bertambahnya usia akan semakin meningkatkan risiko penyakit jantung, sebab jantung merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang disebabkan karena penurunan fungsi - fungsi tubuh secara sistematik. Jadi orang yang berusia lanjut (lansia) lebih beresiko untuk terkena penyakit jantung. Tetapi dewasa ini, sudah banyak orang yang berusia muda menderita penyakit jantung karena pergeseran gaya hidup, termasuk dalam hal konsumsi makanan sehari hari. Jika ingin jantung anda selalu sehat, termasuk dalam hal konsumsi makanan sehari - hari. Jika ingin jantung anda selalu sehat, maka konsumsilah berbagai jenis makanan sehat untuk jantung berikut ini:

  • Biji - bijian tinggi serat

Dalam mengkonsumsi makanan pokok sumber karbohidrat, sebaiknya anda memilih makanan yang bersumber dari biji - bijian utuh yang kaya akan serat karena merupakan makanan yang sehat untuk jantung. Makanan tersebut antara lain yaitu gandum, beras merah, dan jagung. Mkanan tersebut terseusun dari karbohidrat kompleks yang membuatnya agak lama di serap oleh tubuh sehingga cocok digunakan untuk diet menurunkan berat badan. Dengan berat badan yang ideal tentunya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Biji - bijian tersebut mengandung nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh antara lain yaitu protein, vitamin B, zat besi, zink, magnesium, dan zat antioksidan.


  • Kacang - kacangan

Kacang - kacangan merupakan makanan sehat untuk jantung karena mengandung asam lemak nabati, serat dan zat antioksidan. Jenis Kacang - Kacangan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung antara lain yaitu kacang hijau, almond, kacang merah, kenari, kacang hazelnut, kacang panjang, dan kacang mede. Asam lemak yang terkandung dalam kacang - kacangan tersebut merupakan asam lemak baik yang justru bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah. Selain itu kacang - kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat.

  • Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk jantung. Konsumsi bawang putih dapat menajga tekanan darah tetap stabil dan dapat menurunkan kolesterol. Selain itu bawang putih juga dapat digunakan sebagai bumbu pengganti garam. Sebagaimana kita ketahui konsumsi garam yang berlebih dapat menaikkan berat badan dan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bawang putih dapat di campurkan ke dalam makanan atau akan lebih baik lagi jika di makan secara mentah dan di konsumsi secara teratur.

  • Teh Hijau
Makanan sehat untuk jantung yang berikutnya yaitu teh hijau. Mungkin anda lebih mengenal teh hijau sebagai pelangsing badan. Ternyata berdasarkan hasil penelitian, konsumsi teh hijau secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun yang harus di ingat. jangan mengkonsumsinya secara berlebihan dalam waktu yang lama justru dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal.
  • Minyak ikan

Berbagai jenis ikat seperti ikan tuna, salmon, sarden, ikan kembung, trout, dan makarel, mengandung minyak yang berguna untuk kesehatan jantung. Minyak ikan mengandung nutrisi penting untuk kesehatan pembuluh darah, seperti EPA, DHA dan asam lemak omega 3. Minyak ikan merupakan makanan penurunan kolesterol, yaitu dengan cara meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan LDL (Low Density Lipropotein). Konsumsi ikat tersebut juga dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah.

  • Anggur

Buah anggur merupakan makanan sehat untuk jantung karena mengandung serat dan zat quercetin dan catechin. Berdasarkan penelitian, zat quercetin dapat berperan melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Sedangkan zat catechin dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah. Selain itu, anggur juga kaya akan antioksidan yang dapat berperan untuk mencega kerusakan sel akibat radikal bebas.

  • Apel

Mengkonsumsi apel secara rutin ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung anda. Apel merupakan makanan sehat untuk jantung karena mengandung zat beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol dan juga mengandung zat pektin yang merupakan serat yang larut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah. Seperti halnya dengan anggur, apel juga mengandung zat antioksidan dan quercetin yang juga sangat untuk jantung.

  • Buah beri

Golongan buah beri ternyata juga merupakan makanan sehat untuk jantung karena dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Golongan buah dberi kaya akan serat dan antioksidan, berperan untuk mengurangi kolesterol jahat, serta mengendalkan gula darah. Yang termasuk golongan  buah beri antara lain yaiut stroberi, blueberi, blackberi, dan rasberi.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung seperti yang telah disebutkan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain yaitu dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak maupun glukosa, menghindari kebiasaan merokok mengkonsumsi buah dan sayur sayuran, minum air putih yang cukup, dan berolah raga secara teratur. Anda sebaiknya juga menghindari gaya hidup yang bermalas - malasan, lebih banyaknyalah untuk beraktifitas fisik. Contoh sederhana yaitu lebih banyak melakukan jalan kaki, bersepeda, atau lebih memilih naik tangga dari pada naik lift ketika berada di gedung bertingkat dengan lantai yang di tuju dapat terjangkau. Walaupun terlihat sederhana, kebiasaan tersebut dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda perlu waspada jika memiliki ciri ciri atau gejala yang mengarah penyakit jantung gejala yang sering di alami oleh penderita penyakit jantung antara lain yaitu nyeri dada, jantung sering berdebar - debar, sakit kepala, sering keluar keringat dingin, pegal atau kaku pada tengkuk dan bahu, dan merasa lelah, kembung dan mual, sesak nafas, pembengkakan pada beberapa anggota tubuh, dan dapat terjadi disfungsi seksual penyakit jantung merupakan penyakit berpotensi menimbulkan kematian secara mendadak, sehingga kendalikan faktor penyebabnya sejak dini dan segera periksa ke dokter jika mengalami gejala yang mengarah ke penyakit jantung.
Share it:

Cara Alami

Life Style

Olahraga

Penyakit

Tips Kesehatan

Waspada Sakit

Post A Comment:

0 comments: