INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Tips dan Cara Tinggi yang Dapat Anda Lakukan !

Share it:

Banyak orang mencari cara cepat tinggi dan formula untuk menambah tinggi badan yang alami dan aman. Sebagian orang ingin menambah tinggi badan karena profesi yang hendak mereka geluti menuntut agar memiliki tinggi badan yang lebih. Sebagian lainnya ingin menambah tinggi badan semata untuk meningkatkan rasa percaya diri dan agar mereka memiliki daya tarik yang lebih di mata lawan jenis. Memang, tinggi badan seseorang dapat mempengaruhi daya tarik yang lebih di mata lawan jenis. Memang, tinggi badan seseorang dapat mempengaruhi persepsi orang tersebut terhadap dirinya sendiri. Orang yang tidak begitu tinggi biasanya sensitif terhadap segala sesuatu yang berkenaan dengan tinggi badannya, dan menjadi kurang percaya diri karenanya.

Tinggi badan seseorang sebenarnya sangat di tentukan oleh gen yang diturunkan dari kedua orang tua. Memang, memiliki orang tua yang pendek tidak lantas serta - merta memvonis anda juga akan bertubuh pendek. Sama hal nya dengan memiliki orang tua yang tinggi tidak menjamin anda juga akan bertubuh tinggi. Namun, apabila kedua orang tua anda bertubuh pendek, besar kemungkinan anda juga akan bertubuh pendek, demikian pula sebaliknya.

Ketahuilah Cara Cepat Tinggi Melalui Beberapa Tips Berikut !

Meskipun faktor genetik berperan besar dalam menentukan tinggi badan anda, jangan buru - buru berkecil hati. Ingatlah bahwa beberapa aspek pada tubuh manusia tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik, melainkan juga faktor dari luar ( seperti misalnya nutrisi, olahraga, dan lingkungan). Dalam tubuh manusia terdapat hormon pertumbuhan yang mengatur tinggi badan. Beberapa cara cepat tinggi di bawah ini dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan kerja hormon pertumbuhan tersebut agar tinggi badan anda meningkat.
  • Makan makanan bergizi
Jika anda ingin menambah tnggi badan maka mulai sekarang anda harus memperhatikan asupan makanan anda sehari - hari. Agar hormon pertumbuhan bekerja dengan optimal, wajib hukumnya bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, karbohidrat, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan harian tubuh anda. Untuk memastikan anda mengkonsumsi cukup asupan makanan, aturlah pola makan mengikuti jam - jam yang sama tiap harinya. Idealnya, anda seharusnya makan tiga kali dalam sehari dengan porsi yang tidak begitu banyak, di selinggi camilan sehat di antaranya :

Protein, kalsium, niasin, vitamin D, dan zat besi sangat anda butuhkan sebagai cara cepat tinggi dari sisi pemenuhan nutrisi. Protein sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan. usahakan dua menu makanan anda dalam satu harinya mengandung protein, yang dapat diperoleh dari daging, telur, keju, kedelai, maupun kacang - kacangan lainnya. Kalsium banyak terdapat dalam susu, produk susu, dan sayuran berdaun hijau. Kalsium tidak hanya berperan dalam pertumbuhan tulang ( Pertumbuhan tulang yang optimal akan secara otomatis meningkatkan tinggi badan) namun juga mencegah pengeroposan tulang.

Vitamin D antara lain terdapat pada ikan dan jamur. Vitamin D sangat penting, Khususnya pada anak - anak, karena selain mendukung pertumbuhan tulang dan otot juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang ideal begitu anak - anak menginjak fase pubertas. Jika anda tidak begitu suka ikan, anda dapat mengkonsumsi minyak ikan untuk mendapatkan asupan vitamin D ayang adekuat. Senada dengan vitamin D, Zat besi pun berperan penting dalam pertumbuhan. Kerang , Kacang tanah, telur, dan asparagus adalah contoh makanan yang mengandung zat besi tinggi.
  • Olahraga
Apabila sudah melewati usia tertentu, biasanya kemungkinan seseorang untuk bertambah tinggi makin kecil. Akan tetapi olahraga tetap dapat dilakukan untuk membantu seseorang bertambah tinggi melewati batas tersebut. Ada banyak pilihan olahraga yang dapat anda lakukan sebagai cara cepat tinggi, misalnya berenang, bersepeda, lompat tali, lari atau yoga. Prinsip olahraga tersebut dalam menambah tinggi badan adalah melalui mekanisme peregangan otot pada setiap gerakan yang di hasilkan dan stimulasi pada hormon pertumbuhan.

Berenang misalnya, olaharaga berenang telah lama dipercaya menambah tinggi badan akrena terjadi perengangan otot tangan dan kaku yang membuatnya bertambah panjang sehingga dapat menambah tinggi badan. Demikian juga dengan olahraga lari, lompat tali, maupun sepeda. Jika anda memilih olahraga bersepeda, sedikit naikkan sadel anda supaya memicu otot kaki agar bertambah panjang untuk dapat mencapat kayuhan.
  • Cukup tidur
Penambahan tinggi badan yang pesat akan terjadi pada masa remaja dan praremaja. Itulah sebabnya pada dua kelompok usia tersebut waktu tidur yang mencukupi sangat penting, setidaknya 8 jam dalam sehari. Pada waktu tidur, hormon pertumbuhan akan di produksi secara alami oleh tubuh. Tidur yang berkualitas akan memabntu tubuh memproduksi hormon pertumbuhan dengan maksimal. Untuk itu, apabila anda mencari cara cepat tinggi, anda harus memperbaiki kualitas tidur anda.

Buatlah jadwal kapan anda harus tidur dan bangun tiap harinya. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang bersih, nyaman dan tidak berisik. Matikan lampu atau gunakan lampu yang temaram. Jauhkan alat elektronik seperi televisi atau telepon genggam yang dapat mendistraksi anda. Hindari makan berat terlalu dekat dengan waktu tidur (beri jeda setidaknya 3 - 4 jam). jika anda masih juga sulit tidur, cobalah mandai air hangat atau minum secangkir teh panas sebelum tidur.
  • Mandi sinar matahari
Vitamin D selain dapat diperoleh secara alami dari makanan, juga dari sinar matahari. Vitamin D tidak hanya memegang kunci dalam peningkatan tinggi badan. Apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin D, tidak hanya beresiko memiliki tubuh yang pendek, namun juga tulang yang lemah. Untuk itu, tidak heran jika mandi sinar matahari selama 20 - 30 menit banyak di anjurkan para ahli sebagai cara cepat tinggi dan untuk menjaga kesehatan tulang. untuk menghindari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya, berjemurlah pada pagi dan sore hari.
  • Hindari rokok dan kopi
Apakah kopi dapat secara langsung menghambat pertumbuhan anda? Mungkin tidak, akan tetapi, kafein yang terkandung dalam kopi dapat menggangu kualitas tidur. Padahal, seperti yang telah disebutkan, tidur berkualitas sangat penting untuk membuat tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang cukup untuk menambah tinggi badan. Hindari kopi apabila anda ingin meningkatkan tinggi badan anda.

Di sisi lain, efek rokok terhadap tinggi badan belum dapat dijelaskan secara pasti. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh Columbia University`s Internet Health Resource, perokok atau individu yang terpapar asap rokok memiliki tinggi badan yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok atau yang jarang terpapar asap rokok.
  • Memelihara postur tubuh yang baik
Makan makanan bergizi, tidur cukup, olahraga dan berbagai cara cepat tinggi lainnya akan menjadi tidak berarti apabila anad masih memiliki kebiasaan berjalan membungkuk. Ini adalah postur tubuh yang kurang baik dan harus di hindari. Postur tubuh yang baik adalah apabila kepala dan leher berada pada satu garis lurus (tegak).

Postur tubuh yang baik dapat merilekskan otot, mengurangi beban yang tak perlu pada oto dan tulang, dan membuat tulang belakang anda lebih lurus sehingga terkesan dapat menambah tinggi badan anda. Untuk itu, mulai sekarang ingatlah untuk selalau berjalan dengan tubuh tegak. Apabila duduk, pertahankan bahu anda tetap lurus dan naikan sedikit dagu anda. Cara ini tidak hanya dapat membuat anda tampak lebih tinggi, namun juga dapat membuat sikap anda tampak lebih anggun dan elegan.

Lepas dari beberapa cara cepat tinggi yang telah disebutkan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, apabila jika rata -  rata anggota keluarga anda memiliki tinggi badan yang lebih. Beberapa kondisi medis seperti kekurangan hormon pertumbuha dan penyakit autoimun dapat menghambat pertumbuhan seseorang. Jika anda merasa telah mengkonsumsi makanan dengan nutrsi yang baik, tidur cukup, rutin berolahraga dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi badan namun tidak berhasil. jangan ragu - ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter anda.
Share it:

Anak Sehat

Cara Alami

Life Style

Olahraga

Pola Tidur

Pria

Wanita

Post A Comment:

0 comments: