INFORMASI KESEHATAN | BLOG KESEHATAN Informasi Kesehatan, Blog Tentang Kesehatan, Informasi Seputar Kesehatan, Info Seputar Kesehatan, Berita Kesehatan Terbaru, Tips Kesehatan, Web Kesehatan.

Kandungan Gizi Kangkung dan Manfaatnya

Share it:

Kangkung adalah salah satu tipe sayuran hijau yang tak sedikit digemari masyarakat luas. Kangkung adalah tanaman yang berasal dari India, kangkung terbagi atas dua tipe menurut tempat tumbuhnya, yaitu kangkung darat (Ipomoea reptans poir) dan kangkung air (Ipomoea aquatic sp). Kedua tipe kankung tersebut mempunyai perbedaan yang segnifikan sebab kangkung darat mempunyai batang yang tegak dengan daun yang memanjang dan mempunyai ujung yang runcing, sedangkan kangkung air mempunyai batang yang merambat semacam ubi jalar dengan daun yang singkat dan tumpul.

Meskipun sudah tak sedikit ditanam untuk dibudidayakan, sayuran ini juga tetap tak sedikit yang tumbuh dengan sendirinya sebab kangkung menyukai tempat yang lembab dan berair semacam daratan kering yang lembab, lumpur, daratan berair. Pada umumnya kangkung diolah menjadi masakan tumis alias hanya direbus saja untuk dimakan sebagai lalapan.

Kangkung kaya bakal kandungan vitamin A, kandungan vitamin A di dalam kangkung mencapai 6.300 IU. Kangkung juga tinggi bakal kandungan zat besi, fosfor, hentriakotan, dan sitoserol. Sebab kandungan yang dimiliki tersebut, kangkung berpotensi sebagai anti racun, sedatif, diuretik dan sebagai anti peradangan. Tidak hanya itu, kangkung memiliki sifat antioksidan untuk menangkal penyebab kanker dan radikal bebas.

Berikut ini adalah kegunaaan kesehatan lain yang tersedia di dalam kangkung :

 1. Menanggulangi Insomnia

Menurut pakar kesehatan dari Filipina yang bernama  Hermina de Guzman Ladion, berbicara bahwa tersedia kandungan vitamin A, B, C, dan kandungan mineral semacam kalsium zat besi, fosfor, kalsium, karoten, seng dan magnesium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut berkegunaaan untuk menenangkan susunan syaraf jadi berkegunaaan menanggulangi tidak bisa tidur sebab syaraf bakal merasa santai dan bakal merasa enjoy saat tidur.

 2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kangkung memiliki sifat diuretik yang berperan untuk melancarkan pengeluaran urine jadi bakal membikin organ ginjal menjadi baik dan sehat.

 3. Mencegah Anemia

Kandungan zat logam yang tersedia di dalam kangkung berperan untuk pembentukan sel darah merah. Oleh sebab itu kangkung sangat baik untuk dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah  anemia.

 4. Mencegah Sembelit

 Kangkung adalah sayur yang memiliki kandungan serat lumayan tinggi. Serat adalah zat yang berkegunaaan untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menyehatkan organ-organ pencernaan.

Kandungan gizi dan kegunaaan kangkung dapat didapatkan dengan tutorial menyimpan dan mengolahnya dengan benar. Sebaiknya simpan di dalam lemari es agar kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tak hilang, kemudian cucilah terlebih dahulu kangkung sebelum dipotong-potong dan jangan memasaknya terlalu matang.
Share it:

Kesehatan

Makanan

Tips Kesehatan

Post A Comment:

0 comments: